Penulis / NIM
AMELIA PADIDO / 131416022
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
Amelia Padido. 2021. Analisis Pengembangan Sekolah Efektif di Kabupaten Gorontalo, Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengembangan sekolah efektif dilihat dari aspek kepemimpinan. 2) Pengembangan sekolah efektif dilihat dari aspek keterandalan. dan 3) Pengembangan sekolah efektif dilihat dari aspek efisiensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan sekolah efektif dilihat dari aspek kepemimpinan berada pada kategori efektif. 2) Pengembangan sekolah efektif dilihat dari aspek keterandalan berada pada kategori efektif. 3) Pengembangan sekolah efektif dilihat dari aspek efisiensi berada pada kategori cukup efektif. Untuk itu disarankan: 1) Bagi Kepala Sekolah diharapkan meningkatkan kepemimpinannya dan keterandalan agar bisa lebih efektif serta meningkatkan efisiensi sekolah khususnya pengawasan terhadap penataan ruang kelas, lingkungan sekolah yang kondusif, dan pengelolaan fasilitas sekolah sehingga sekolah yang dipimpin bisa berkembang lebih efektif. 2) Bagi guru diharapkan dapat meningkatkan hubungan kerja sama dengan kepala sekolah dalam melakukan pengawasan terhadap penataan ruang kelas, lingkungan sekolah yang kondusif, dan pengelolaan fasilitas sekolah untuk mengembangkan sekolah lebih efektif. 3) Bagi peneliti diharapkan agar dapat memperluas lagi pengetahuan dan pemahaman mengenai pengembangan sekolah efektif.
Kata Kunci: sekolah efektif, kepemimpinan, keterandalan, efisiensi
Download berkas