Penulis / NIM
ZULFIKAR RAHMAN / 131416024
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Zulfikar Rahman. 2022. Partisipasi Paguyuban Sekolah di Sekolah Dasar
Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakuktas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Novianty Djafri, M.Pd, dan Pembimbing
II Dr. Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Partisipasi paguyuban sekolah
dalam penataan ruang kelas di SDN 2 Limboto, (2) Partisipasi paguyuban sekolah
dalam penataan lingkungan sekolah di SDN 2 Limboto, (3) Partisipasi paguyuban
sekolah dalam pembelajaran peserta didik di SDN 2 Limboto, (4) Partisipasi
paguyuban sekolah dalam kelas inspirasi di SDN 2 Limboto. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil
penelitian menunjukan (1) Partisipasi paguyuban dalam penataan ruang kelas
contohnya pada pengecatan ruang kelas, pengadaan tempat pojok baca dan buku
literasi namun ada juga pengadaan lainnya misalnya sebagai sarana pelengkap dan
pendukung pembelajaran dalam ruang kelas. (2) Partisipasi paguyuban sekolah dalam penataan lingkungan sekolah mengolah tanaman hias menjadi suatu karya tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai hiasan yang bagus untuk dipandang dan juga pengadaan apotek hidup sebagai bahan alam yang digunakan untuk perkebunan pada bagian belakang sekolah sehingga baik dari depan sampai dengan bagian belakang sekolah dihiasi dengan tanaman hias dan jugaapotek/dapur hidup yang dapat memperindah halaman sekolah itu sendiri. (3) Partisipasi paguyuban sekolah dalam pembelajaran peserta didik yaitu keterlibatan orang tua terhadap pendidikan berbasis paguyuban di satuan pendidikan adalah kegiatan yang ditujukan kepada para orangtua dalam rangka menyelaraskan pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan peranannya dalam mendidik, (4) Partisipasi paguyuban sekolah dalam kelas inspirasiyang diselenggarakan untuk memberi wawasan, motivasi, inspirasi dan melatih empati peserta didik yang bertujuan untuk memberi gambaran ke peserta didik bahwa untuk menggapai cita-cita diperlukan kerja keras, kemauan belajar, pengorbanan, kerjasama dengan orang lain dan untuk memotivasi dan menginspirasi peserta didik
agar termotivasi untuk berprestasi setinggi-tingginya.
Kata kunci : Paguyuban Sekolah,Partisipasi Masyarakat
ABSTRACT
Zulfikar Rahman, 2022 school¢â„¢s community participation at SDN 2 Limboto, Gorontalo Regency. Undergraduate thesis. Study Program of Educational Managemen, Department of Educational Management, Departmen of Educational Administration, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Novianty Djafri, S.Pd., M.Pd.I, and the co-supervisor is Dr. Besse Marhawati, S.Pd., M.Pd.
This study aims to describe: (1) school¢â„¢s community participation in classrooms arrangement at SDN 2 Limboto, (2) school¢â„¢s community participation in school environment arrangement at SDN 2 Limboto, (3) school¢â„¢s community participation in student¢â„¢s activities at SDN 2 Limboto, (4) school¢â„¢s community participation in the inspiration class at SDN 2 Limboto. Data were collectec through interviews, observations, and documentation. The data analysis technique used is data reduction, data presentation and drawing conclusion. The validity test are carried out using triangulation source and triangulation method. The results revealed that (1) the school¢â„¢s community participation in classroom arrangement was carried out through several activities souch as painting the classrooms, providing reading corners and literacy books, and providing complementary and supporting classroom learning facilities. (2) the school¢â„¢s community participation in school environment arrangement was carried out by turning ornamental plants into beautiful decorative plants and cultivating a living pharmacy at the back of the school to enhance the aesthetics of schoolyard from the front to the back. (3) the school¢â„¢s community participation in student¢â„¢s learning activities was carried out through the involvement of parents in community-based education in the education unit that aimed to harmonize their knowledge and skills in carrying out their role as educators, and (4) school¢â„¢s community participation that was carried out through the inspiration class was aimed at providing insight, motivation, and inspiration for studens to achieved their goals to the highest, as well as training students¢â„¢ empathy to give them an understanding that achieving goals requires hard work, willingness to learn, sacrifice, and cooveration with others.
Keywords: School association, Community Participation
Download berkas