Penulis / NIM
WULANDARI MOKA / 131416029
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Wulandari Moka. 2020. Evaluasi Sistem Informasi Pangkalan data Sekolah dan Siswa (PDSS) Madrasah Aliyah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Program Studi Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr, Phil, Ikhfan Haris, MSi, dan Pembimbing (II) Dr. Arifin, M.Pd Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Conteks Sistem Informasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa Madrasah Aliyah di Kota Gorontalo, (2) Input Sistem Informasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa Madrsah aliyah di Kota Gorontalo, (3) Proces Implementasi Sistem Informasi Pangkalan data Sekolah dan Siswa Madrasah Aliyah di Kota Gorontalo, (4) Produk Sistem Informasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa Madrsah Aliyah di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi Model CIPP, dengan jumlah sebjek penelitian yaitu 25 orang, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) dan wawancara. Analisis data yang dihunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi presentase, hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Conteks Sistem Informasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa Madrasah Aliyah di Kota Gorontaloberada pada kategori baik, (2) Input Sistem Informasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa Madrsah Aliyah di Kota Gorontalo berada pada ketegori baik, (3) Proces Implementasi Sistem Informasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa Madrsah Aliyah di Kota Gorontalo berada pada kategori cukup baik, (4) Produk Sistem Informasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa Madrsah Aliyah di Kota Gorontalo berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan: (1) Dinas Pendidikan Prov Gorontalo lebih mengontrol program pangkalan data sekolah dan siswa di masing-masing sekolah, (2) Kepala Sekolah, kiranya kepala sekolah sudah lebih menguasai program tersebut , (3) Operator diharapkan untuk lebih mengkaji mengenai evaluasi sistem informasi pangklan data sekolah dan siswa yang belum dikaji pada penelitian ini untuk memperluas pengetahuan, (4) Guru diharapkan memberikan memberikan nilai sesuai dengan kemampuan siswa itu sendiri tanpa adanya manipulasi data siswa, (5) Peserta Didik diharapkan bagi peserta didik lebih aktif dan semangat bahkan harus berlomba-lomba ikut dalam program pdss.
Kata kunci: evaluasi sistem informasi, pangkalan data sekolah dan siswa
Download berkas