Penulis / NIM
PUPUT INDARNI SAYUTI / 131416033
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
Puput Indarni Sayuti. 2020. Hubungan Antara Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Guru Dalam Memecahkan Masalah Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Gorontalo Se-Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, M.Si dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan kecerdasan intelektual dengan kemampuan guru memecahkan masalah pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri. 2) Hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan guru memecahkan masalah pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri. 3) Hubungan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan kemampuan guru memecahkan masalah pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kecerdasan intelektual dengan kemampuan guru memecahkan masalah pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo memiliki hubungan yang positif. 2) Kecerdasan emosional dengan kemampuan guru memecahkan masalah pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo memiliki hubungan yang positif. 3) Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan kemampuan guru memecahkan masalah pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo memiliki hubungan yang positif. Untuk disarankan: 1) Pimpinan Sekolah lebih memantau kinerja tenaga pendidik dan melaksanakan rolling pekerjaan untuk setiap wali kelas dalam memberikan solusi setiap masalah siswa. 2) Tenaga pendidik harus memiliki wawasan lebih luas untuk meningkatkan kemampuannya dalam menanggapi dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran siswa dengan cepat dan tepat. 3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kemampuan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran.
Kata Kunci: memecahkan masalah, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional.
Download berkas