Penulis / NIM
ASMAWATI DJ. PIYOHU / 131416041
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
Asma. 2022. Analisis Kepuasan Layanan Akademik Mahasiswa dalam Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Program Studi Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. Fory A. Naway, M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Arifin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan layanan akademik mahasiswa dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terutama dilihat dari: (1) aspek tangibless, (2) aspek reliabbility, dan (3) aspek responssiveness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Jumlah subjek penelitian yaitu 62 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis formula persentase. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kepuasan layanan akademik mahasiswa dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ditinjau dari aspek tangibless memperoleh presentase 92.89% atau berada pada kategori sangat puas, 2) kepuasan layanan akademik mahasiswa dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ditinjau dari aspek reliabbility memperoleh presentase 92.92% atau berada pada kategori sangat puas, 3) kepuasan layanan akademik mahasiswa dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ditinjau dari aspek responssiveness memperoleh presentase 95.27% atau berada pada kategori sangat puas. Untuk itu disarankan: 1) Jurusan, dapat melakukan pelayanan akdemik secara berkesinambungan serta dalam meningkatkan teknologi infomasi dan komunikasi dengan efektif dan efisien, 2) Pegawai atau dosen, diharapkan mampu bekerja sama dengan baik antara sesama pegawai yang ada di jurusan dan selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan jurusan serta meningkatkan model pembelajaran, mengembangkan potensi mahasiswa dengan optimal.
Kata Kunci : pelayanan akademik, teknologi informasi dan komunikasi
Download berkas