Penulis / NIM
VERAWATY ADAM / 131416042
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Verawaty Adam. 2021. Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Kinerja Guru di SDN se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo, Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru di SDN Se kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. (2) Hubungan iklim sekolah dengan kinerja guru di SDN se kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. (3) Hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja guru di SDN se kecamatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi. (2) Iklim sekolah dengan kinerja guru memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi. (3) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja guru memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Kepala Sekolah di harapkan dapat meningkatkan kegiatan supervisi terhadap guru sehingga meningkatkan kinerja guru. (2) Bagi guru diharapkan guru agar bisa meningkatkan disiplin dan kemampuannya dalam melakukan pembelajaran kepada siswa upaya untuk mencapai hasil yang baik. (3) Bagi peneliti diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah, iklim sekolah dan kinerja guru dengan menambah faktor-faktor lain guna mendapatkan berbagai informasi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kata Kunci: supervisi akademik, iklim sekolah, kinerja guru
Download berkas