Penulis / NIM
FEBRIYANTI POIYO / 131416045
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tata kelola budaya literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Problematika pelaksanaan gerakan literasi, kurangnya minat baca siswa sehingga sekolah mengadakan program literasi dari menyediakan fasilitas dan program untuk menyukseskan gerakan literasi disekolah, (2) Faktor penentu keberhasilan gerakan literasi, sarana dan prasarana berupa fasilitas yang disediakan oleh sekolah baik dari gedung perpustakaan sekaligus program-program untuk meningkatkan keberhasilan literasi selain motivasi yang telah diberikan oleh semua kalangan stockholder baik dari kepala sekolah, kepala sekolah, kepala perpustakaan hingga staf tata usaha, (3) Strategi mengatasi permasalahan pada pelaksanaan peningkatan budaya literasi, pihak sekolah mengadakan program membaca setiap pagi sebelum masuk kelas. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Sekolah: Tata kelola budaya literasi kiranya dapat diperhatikan agar dapat berjalan sesuai dengan harapan dan lebih memperhatikan program yang dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi di sekolah, (2) Pihak lainnya, diharapkan penelitian ini menjadi referensi bagi mahasiswa untuk dijadikan landasan penelitian berikutnya, (3) Peneliti: diharapkan agar dapat menjadi informasi serta pengetahuan tentang literasi.
Kata Kunci: Tata Kelola, Budaya Literasi
Download berkas