Penulis / NIM
WADELTINA SAMAUNA / 131416047
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
Wadeltina Samauna. 2021. Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Partisipasi Guru dalam Pengambilan Keputusan dengan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Se Kota Tengah Kota Gorontalo, Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, M.Si dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di Sekolah Dasar Negeri se Kota Tengah Kota Gorontalo. 2) Hubungan partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dengan motivasi kerja guru di Sekolah Dasar Negeri se Kota Tengah Kota Gorontalo. 3) Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dengan motivasi kerja guru di Sekolah Dasar Negeri se Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan motivasi kerja guru memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 2) Partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dengan motivasi kerja guru memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi. 3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dengan motivasi kerja guru memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi. Untuk itu disarankan: 1) Bagi Kepala Sekolah diharapkan mendesain program untuk mengembangkan motivasi kerja guru yang tinggi dan partsipasi guru dalam perumusan penyelesaian masalah yang berkesinambungan di instansi yang dipimpin. 2) Bagi guru diharapkan meningkatkan partisipasi dalam pengambilan keputusan melalui motivasi kerja setiap guru. 3) Bagi peneliti diharapkan dapat memperkuat kemampuan menganalisis mengenai kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dengan motivasi kerja guru dengan menggunakan sampel yang lebih besar.
Kata Kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, partisipasi guru dalam pengambilan keputusan, motivasi kerja guru.
Download berkas