Penulis / NIM
SAPRUDIN M. USMAN / 131416058
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Saprudin M. Usman. 2022. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Kerja Guru Di SMKN 1 Wonosari. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan. Pembimbing (1) Dr. Besse Marhawati S.Pd, M.Pd dan Pembimbing (11) Intan Abdul Razak S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun budaya kerja guru di SMKN 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Metode penelitian adalah kuantitatif. Dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yaitu angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi. Analisis data adalah observasi, penyebaran angket, mengedit, mengklasfikasikan, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun budaya kerja guru di SMKN 1 Wonosari Kabupaten Boalemo 100%, dan faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun budaya kerja guru di SMKN 1 Wonosari Kabupaten Boalemo 100%. Dengan hasil keseluruhan indikator 100% termasuk kedalam kategori sangat baik. Pada aspek Kepala sekolah memberikan pengarahan tentang pentingnya disiplin dalam melaksanakan tugas-tugas guru termasuk dalam kategori sangat baik, kepala sekolah memberikan bimbingan dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas guru menjalankaan tugas-tugasnya termasuk dalam kategori sangat baik, kepala sekolah melakukan pengawasan pada perilaku mengajar guru di kelas termasuk dalam kategori sangat baik, pada aspek kepala sekolah mendorong guru untuk berprestasi termasuk dalam kategori sangat baik, kepala sekolah menciptakan kondisi kerja yang nyaman bagi guru termasuk dalam kategori sangat baik, kepala sekolah memberikan kesempatan yang sama bagi setiap guru untuk memajukan diri termasuk dalam kategori sangat baik, pada aspek kepala sekolah memberikan insentif kepada guru yang berprestasi termasuk dalam kategori sangat baik, kepala sekolah memberikan pujian kepada guru yang berhasil menyelesaikan tugas termasuk dalam kategori sangat baik, pada aspek kepala sekolah menunjukkan sikap bijaksana dalam menyelesaikan permasalahan guru termasuk dalam kategori sangat baik, kepala sekolah menunjukkan sikap disiplin dalam menjalankan tugas termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci : kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja guru
Download berkas