Penulis / NIM
KARMILA DODA / 131416059
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstrak
Karmila Doda. 2020. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Pendidikan (SPM) di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I) Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE. M.Pd, Pembimbing (II) Drs. H. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui (1) Tingkat keberhasilan evaluasi konteks (context) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan (SPM) di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo, (2) Tingkat keberhasilan perencanaan (input) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan (SPM) di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo, (3) Tingkat keberhasilan pelaksanaan (process) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan (SPM) di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo, (4) Tingkat keberhasilan hasil (product) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan (SPM) di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluative, model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi CIPP, model evaluasi ini terdiri atas empat tahapan yaitu konteks (context), perencanaan (input), pelaksanaan (process), hasil (product). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Rata-rata skor Aspek konteks (context), dengan skor sebesar 93.75%, pada kategori ƒ..."sangat baikƒ‚, (2) Rata-rata skor aspek input (input), dengan skor sebesar 61.25%, pada kategori ƒ..."cukup baikƒ‚, (3) Rata-rata skor proses (process), dengan skor sebesar 80.00%, pada kategori ƒ..."baikƒ‚, (3) Rata-rata skor hasil (product), dengan skor sebesar 53.12%, pada kategori ƒ..."tidak baikƒ‚. Dari hasil penelitian ini maka disarankan, (1) Bagi Dinas Pendidikan diharapkan agar meningkatkan kepedulian dan melakukan pemetaan guru sehingga persoalan ketersediaan guru di sekolah dapat teratasi, (2) Bagi Kepala Sekolah diharapkan agar membuat proposal pengajuan permohonan tenaga kependidikan dan pengadaan sarana dan prasarana, (3) Bagi peneliti diharapkan untuk lebih mengkaji mengenai evaluasi standar pleyanan minimal pendidikan yang belum dikaji pada penelitian ini dan memperluas pengetahuan.
Kata Kunci: evaluasi, standar pelayanan minimal pendidikan
Download berkas