Penulis / NIM
HAIRANTI DJAFAR / 131416065
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstrak
ABSTRAK
Hairanti Djafar. 2020. Hubungan Kompetensi Manajerial, Kompetensi Supervisi Akademik Dan Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Berprestasi Guru Pada SMK Negeri Di Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd Kadim Masaong M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) Hubungan kompetensi manajerial kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru pada SMK Negeri di Kota Gorontalo. (2) Hubungan kompetensi supervisi akademik kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru pada SMK Negeri di Kota Gorontalo; (3) Hubungan Kompetensi Kewirausaan kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru pada SMK Negeri di kota gorontalo; dan (4) Hubungan kompetensi manajerial, kompetensi supervisi akademik, dan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru pada SMK Negeri di Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu Kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Kompetensi manajerial kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan positif dan signifikan dengan koefisien korelasi 0.376 atau 37,6%. (2) Kompetensi supervisi akademik kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan positif dan signifikan dengan koefisien korelasi 0,459 atau 45,9%. (3) Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan positif dan signifikan dengan koefisien korelasi 0,312 atau 31.2%). (4) Kompetensi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan positif dan signifikan dengan koefisien korelasi 0,546 atau 54,6%. Utuk itu disarankan : (1) Kepala sekolah lebih meningkatkan kompetensi kewirausahaan yang dimilikinya, (2) Guru lebih meningkatakan motivasi berprestasi yang dimiliki. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan kompetensi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi kewirausahaan dan motivasi berprestasi guru dengan menambah faktor-faktor lain guna mendapatkan berbagai informasi dalam upaya meningkatakan kualitas pebelajaran.
Kata Kunci: kompetensi manajerial, supervisi akademik, kewirausahaan pendidikan, motivasi berprestasi.
Download berkas