Penulis / NIM
ABD SAID MOHI / 131416074
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
ABD SAID MOHI, 2020. âPengelolaan Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatanâ. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Dr. Besse Marhawaty, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr, Arifin S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) perencanaan guru, 2) pembinaan guru, 3) pengembangan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Subjek penelitian berjumlah 64 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan guru berada pada kategori baik, 2) pembinaan guru berada pada kategori baik, 3) pengembangan kompetensi guru berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian pengelolaan guru, maka disarankan sebagai berikut : 1) bagi dinas pendidikan diharapkan beberapa aspek penelitian ini dijadikan rujukan membantu sekolah untuk mengelola guru dalam hal perencanaan, pembinaan dan pengembangan kompetensi. 2) bagi kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kinerja yang berkaitan dengan pengelolaan guru terutama pada pengembangan kompetensi guru. 3) bagi guru diharapkan dapat meningkatkan keprofesionalannya agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif.
Kata Kunci : pengelolaan guru, perencanaan, pembinaan, pengembangan kompetensi
Download berkas