SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR FINGKI A. YUNUS / 131416077
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK Nur Fingki A. Yunus. 2021. Hubungan Kepemimpinan Pembelajaran dan Kemampuan Manajerial Guru dengan Keefektifan Pembelajaran di SDN se-Kecasmatan Kota Timur, Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, M.Si dan Pembimbing II Dr. Arifin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan kepemimpinan pembelajaran dengan keefektifan pembelajaran di SDN se-Kecamatan Kota Timur. 2) Hubungan kemampuan manajerial guru dengan keefektifan pembelajaran di SDN se-Kecamatan Kota Timur. 3) Hubungan antara kepemimpinan pembelajaran dan kemampuan manajerial guru dengan keefektifan pembelajaran di SDN se-Kecamatan Kota Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan pembelajaran dengan keefektifan pembelajaran memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 32,49%. 2) Kemampuan manajerial guru dengan keefektifan pembelajaran memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 60,84%. 3) Kepemimpinan pembelajaran dan kemampuan manajerial guru dengan keefektifan pembelajaran memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 90,25%. Untuk itu disarankan: 1) Bagi Kepala Sekolah diharapkan agar lebih banyak mengevaluasi guru, sehingga guru lebih professional lagi dalam mengajar 2) Bagi Guru diharapkan agar lebih banyak mengikuti diklat, sehingga guru dapat mengembangkan lagi kemampuan mengajarnya 3) Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan kepeminmpianan pembelajaran, kemampuan manajerial guru dan keefektifan pembelajaran dengan menambah faktor-faktor lain guna mendapatkan berbagai informasi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci: kepemimpinan pembelajaran, kemampuan manajerial guru, keefektifan pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011