Penulis / NIM
						ZENAB I. BAKARI / 131417003
						Program Studi
						S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr. Hj.  NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
						Pembimbing 2 / NIDN
						ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
						Abstrak
						Zenab I. Bakari. 2022. Implementasi Sekolah Ramah Anak di SMK Negeri I Limboto. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Dr. Nina Lamatenggo, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Zulystiawati, M.Ed, PhD.
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) perencanaan sekolah ramah anak di SMK Negeri I Limboto, (2) pelaksanaan sekolah ramah anak di SMK Negeri I Limboto, dan (3) evaluasi sekolah ramah anak di SMK Negeri I Limboto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan sekolah ramah anak berada pada kategori cukup baik dengan presentase 78%, (2) pelaksanaan sekolah ramah anak berada pada kategori cukup baik dengan presentase 76%, dan (3) evaluasi sekolah ramah anak berada pada kategori kurang baik dengan presentase 70%. Untuk itu disarankan kepada sekolah untuk: (1) meningkatkan perencanaan khususnya dalam memberikan konsultasi anak kepada siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan dan aspirasi siswa dalam mewujudkan sekolah ramah anak, (2) meningkatkan pelaksanaan khususnya dalam penyediaan sarana dan prasarana yang masih kurang dan belum memenuhi kapasitas, pengadaan pelatihan untuk semua pendidik dan tenaga kependidikan, serta  partisipasi alumni dan orangtua dalam mewujudkan sekolah ramah anak, (3) meningkatkan evaluasi dalam pelaksanaan pemantauan secara internal yang dilakukan sendiri oleh sekolah, (4) bagi peneliti lainnya diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk penelitian kedepannya.
Kata Kunci: Implementasi, Sekolah Ramah Anak.
						Download berkas