Penulis / NIM
APRIYANTO Y. ABDUL / 131417007
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
Apriyanto Y. Abdul. 2021. Efektivitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fory A. Naway, M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Arwildayanto, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama dilihat dari : (1) kemandirian sekolah, (2) kemitraan sekolah dengan masyarakat, (3) partisipasi stakeholder, (4) keterbukaan sekolah dan (5) akuntabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Jumlah subjek penelitian yaitu 51 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis formula persentase. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa:1) kemandirian sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 4 Gorontalo memperoleh presentase 90.90% atau berada pada kategori sangat baik, 2) kemitraan sekolah dengan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 4 Gorontalo memperolehpresentase 85,49% atauberada pada kategori baik, 3) partisipasi stakeholder dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 4 Gorontalo memperoleh presentase 86,40% atau berada pada kategori baik, 4) keterbukaan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 4 Gorontalo memperoleh presentase 87,32% atau berada pada kategori baik, dan 5) akuntabilitas dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 4 Gorontalo memperoleh presentase 89,61% atau berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan: 1) sekolah, dapat melakukan manajemen berbasis sekolah secara kontinu serta meningkatkan mutu pendidikan dengan efektif dan efisien, 2) Stakeholder, diharapkan mampu bekerja sama dengan baik dengan pihak sekolah dan selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan sekolah serta meningkatkan model pembelajaran, mengembangkan potensi siswa dengan optimal, dan 3) Peneliti Lainnya, melanjutkan penelitian tentang manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan selanjutnya dan mengembangkan penelitian dengan lokasi yang berbeda.
Kata Kunci : Manajemen Berbasis Sekolah; Mutu Pendidikan; Stakeholder
Download berkas