SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI MAGFIRA DUNGGIO / 131417015
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang: (1) Nilai-nilai budaya kerja tenaga kependidikan; (2) Perilaku budaya kerja tenaga kependidikan; (3) Wujud budaya kerja tenaga kependidikan; (4) Peran pimpinan dalam budaya kerja tenaga kependidikan; (5) Tantangan dalam budaya kerja tenaga kependidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Temuan penelitian menunjukan: (1) Nilai-nilai budaya kerja tenaga kependidikan mengadopsi lima nilai-nilai budaya kerja yang berasal dari Kementrian Agama RI; (2) Perilaku budaya kerja tenaga kependidikan berpegang teguh pada motto kementrian agama ikhlas beramal; (3) Wujud budaya kerja tenaga kependidikan terlihat dalam wujud artifact yakni benda-benda yang bernilai seperti denah sekolah, bentuk bangunan madrasah, wujud espoused values ada visi dan misi madrasah, dan wujud assumptions dalam bentuk keyakinan tenaga kependidikan dan keterkaitan perasaan tenaga kependidikan dengan madrasah; (4) Peran pimpinan dalam budaya kerja tenaga kependidikan sudah dapat menumbuhkan dan membentuk sikap tenaga kependidikan yang berorientasi pada tujuan madrasah, membangkitkan komitmen dan memotivasi kerja yang tinggi, hingga memberikan identitas bagi para bawahan; (5) Tantangan dalam budaya kerja tenaga kependidikan datang dari budaya internal organisasi berupa kerjasama yang belum optimal antar pendidik dan tenaga kependidikan, maupun dari budaya eksternal organisasi seperti penggunaan teknologi yang menuntut serba cepat mengharuskan tenaga kependidikan memiliki pengetahuan lebih dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu disarankan (1) Pengelolaan sumber daya manusia di madrasah perlu memaksimalkan fungsi manajerial; (2) Kepala Madrasah, disarankan lebih memaksimalkan pendekatan yang diyakini kepada bawahan; (3) Pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan dapat meningkatkan kerjasama secara maksimal. Kata Kunci: budaya kerja, tenaga kependidikan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011