Penulis / NIM
YONIS PUTRA PRATAMA DOLOT / 131417021
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang analisis tingkat self efficacy siswa dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan kesulitan diri selama proses pembelajaran daring di SMPN Se-Kota Gorontalo, (2) Tingkat kekuatan keyakinan diri siswa selama proses pembelajaran daring di SMPN Se-Kota Gorontalo, dan (3) Tingkat kemampuan diri siswa selama proses pembelajaran daring di SMPN Se-Kota Gorontalo. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deng jenis penilitian Sequential Explanatory. Populasi penelitian sejumlah siswa yang berada di kelas VIII yakni 388 siswa dengan jumlah sampel 97 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Teknik analisis dara menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat kesulitan siswa selama proses pembelajaran daring berada lada kategori cukup baik, (2) Tingkat kekuatan keyakinan siswa selama proses pembelajaran daring berada pada kategori tidak baik, dan (3) Tingkat kemampuan diri siswa selama proses pembelajaran daring berada pada kategori cukup baik.
Kata Kunci : Self Efficacy Siswa, Pembelajaran Daring
Download berkas