Penulis / NIM
SARTIN MOOTALU / 131417025
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ANSAR / 0007066002
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
Sartin Mootalu. 2021. Studi Komparatif Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd M.Si dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, S.Pd M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, (2) prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa PPA, dan (3) perbedaan prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Rata-rata nilai IPK mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2018 diperoleh 3,64 dan mahasiswa penerima beasiswa PPA diperoleh 3,59. Dan hasil uji one way anova (anova satu jalur) nilai IPK mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA angkatan 2018 diperoleh 2,95 ƒ‚ 6,83. (2) Rata-rata nilai IPK mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2019 diperoleh 3,62 dan mahasiswa penerima beasiswa PPA diperoleh 3,56. Dan hasil uji one way anova (anova satu jalur) nilai IPK mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA angkatan 2019 diperoleh 6 ƒ‚ 6,82. (3) Berdasarkan uji One Way Anova (anova satu jalur) ditemukan hasil bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA angakatan 2018 dan angkatan 2019 tahun akademik 2020/2021. Untuk itu disarankan : (1) Bagi lembaga : diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan prestasi akademik bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan mahasiswa penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). (2) Bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA : diharapkan bagi penerima beasiswa Bidikmisi dan penerima beasiswa PPA untuk dapat mempertahankan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang telah diperoleh selama proses perkuliahan di perguruan tinggi. (3) Bagi mahasiswa bukan penerima beasiswa : diharapkan mahasiswa tetap semangat dan tidak berputus asa dalam belajar dengan tujuan untuk meningkatkan prestasinya sehingga bisa mendapatkan kesempatan yang sama menjadi penerima beasiswa. (4) Bagi peneliti selanjutnya : diharapkan penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta bisa membantu kelancaran proses penelitian bagi peneliti selanjutnya.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa PPA.
Download berkas