Penulis / NIM
						MERYANA ISHAK / 131417026
						Program Studi
						S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
						Pembimbing 2 / NIDN
						ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
						Abstrak
						Meryana Ishak. 2021. Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Se-Kecamatan Kota Selatan. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dr. Arifin Suking, M.Pd dan Pembimbing II Zulystiawati, M.Ed, P.hD
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kepala sekolah perempuan mengarahkan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 S, (2) Untuk mengetahui kepala sekolah perempuan membimbing guru dalam melaksanakan pembelajaran pada masa covid-19, (3) Untuk mengetahui kepala sekolah perempuan membimbing guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Jumlah subjek penelitian yaitu 84 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis formula persentase. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah perempuan mengarahkan guru dalam perencanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 berada pada kategori sangat baik dengan persentse 91% (2) kepemimpinan kepala sekolah perempuan membimbing guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 berada pada kategori baik dengan persentase 89% (3) kepemimpinan kepala sekolah perempuan membimbing guru dalam evaluasi hasil pembelajaran pada masa pandemi covid-19 berada pada kategori baik dengan persentase 89%. Yang menjadi rekomendasi yaiu: (1) Dengan adanya pendemi covid-19 kepala sekolah dapat memahami bagaimana kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan pada masa pandemi covid-19 yang dapat dijadikan pertimbangan dalam melakukan upaya peningkatan kinerja guru selanjutnya, (2) Guru dapat bersinergi dengan kepala sekolah secara kompak, sehingga tercpita pembelajaran yang maksimal di masa pandemi covid-19, (3) Diharapkan menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya yang berkenaan dengan Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Masa Pandemi Covid-19.
Kata kunci: Kepeimpinan, Kepala Sekolah Perempuan,  Pandemi Covid-19
						Download berkas