SKRIPSI

Penulis / NIM
DEWI SARTIKA ABDULLAH / 131417027
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. 2). Hubungan antara kecerdasan intelektual dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. 3). Hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi. Dengan jumlah populasi 300 dan jumlah sampel sebesar 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Adapun hasil penelitian ini menunjukan 1). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. 2). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual dengan kekampuan pemecahan masalah pada siswa. 3). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Untuk disarankan 1). Bagi guru, agar dapat memberi siswa support yang baik dalam proses pembelajaran, dengan cara memberikan nasehat, arahan dan perhatian agar tingkat kecerdasan emosional dan intelektual siswa selalu stabil dan akan menjadikan siswa selalu mahir dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. 2). Bagi siswa yang telah memiliki tingkat kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual yang tinggi agar dapat meningkatkan lagi tingkat kemampuan pemecahan masalah dan tetap bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik. 3). Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik meneliti tentang hubungan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa, diharapkan untuk mencari teori yang lebih baru terhadap ketiga variabel penelitian ini. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011