SKRIPSI

Penulis / NIM
LUTHFIA A. GANI / 131417029
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
Luthfia A. Gani, 2022. Skripsi. Pengelolaan Program Pengembangan Kreativitas Siswa di MIM Unggulan kota Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing 1 Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd. Pembimbing II Dr. Arifin M. P.d Tujuan Penelitian untuk mendiskripsikan tentang: 1) kesiapan program pekan kreativitas siswa; 2) pengelolaan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran siswa; 3) pengelolaan kreativitas dalam peningkatan daya saing siswa; 4) Pengelolaan kreativitas dalam budaya religi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah sebagai informan kunci, Wakil kepala Madrasah bidang Kurikulum, perwakilan guru sekaligus guru membidangi cabang lomba kesenian, ketua panitia PKS 2021, guru membidangi cabang lomba keagamaan dan guru membidanggi cabang lomba keolahragaan serta penanggung jawab program tour imaniyah. Proses analisis data dimulai dari pengumpulan data terkait, mengkondensasi data dan menyajikan data. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Penelitian dilakukan dengan tahap: pra lapangan, pelaksanaan dan penulisan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kesiapan program pekan kreativitas siswa melalui tahapan analisis kebutuhan pada sebuah rapat kerja bersama staf guru, membahas segala hal menyangkut prosedur program (2) Pengelolaan Kreativitas dalam kegiatan pembelajaran siswa ditempuh melalui desain pembelajaran dalam rangka mewujudkan rancangan kreatif hingga pemanfaatan aplikasi yang diterapkan pada proses pembelajaran. (3) Pengelolaan kreativitas dalam peningkatan daya saing siswa bidang keagamaan, kesenian, dan keolahragaan melalui ajang program pekan kreativitas siswa yang diperlombakan antar siswa (4) pengembangan budaya religiusitas siswa melalui pembiasaan yang diterapkan di madrasah dan juga program tour imaniyah, sebagai bentuk penguatan kecerdasan spiritual sekaligus menumbuhkan jiwa kreativitas siswa. Kata kunci: Pengembangan kreativitas, kegiatan pembelajaran, daya saing, budaya religiusitas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011