SKRIPSI

Penulis / NIM
I PUTU AGUS ARTANA YASA / 131417030
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK I Putu Agus Artana Yasa. 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dosen, Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan Pelaksanaan Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Intan Abd. Razak, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, 2) Pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, 3) Pengaruh langsung pelaksanaan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, 4) Pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, 5) Pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik analisis path (jalur). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data (1) uji kualitas instrumen menggunakan uji validitas pearson, reabilitas cronbach alpa; (2) analisis deskriptif; (3) uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas; (4) analisis path dengan matriks korelasi; (5) uji hipotesis dengan uji parsial dan simultan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa. (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar mahasiswa. (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara pelaksanaan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa. (4) terdapat Pengaruh langsung positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dosen terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Untuk disarankan: (1) Pimpinan fakultas untuk lebih memantau kinerja dari dosen-dosen mata kuliah, melakukan pelatihan dan pengajaran kepada dosen-dosen sesuai bidang dalam menyukseskan dan menyelesaikan pekerjaan untuk memberikan pembelajaran yang efektif kepada mahasiswa; (2) Dosen atau tenaga pendidik lebih meningkatkan kedisiplinan serta tanggungjawabnya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dengan tepat; (3) Mahasiswa lebih mengoptimalkan kemampuan diri dengan mengimplementasikan setiap ilmu yang didapatkan; (4) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan kecerdasan emosional dosen, komunikasi interpersonal, pelaksanaan pembelajaran daring, dan motivasi belajar mahasiswa dengan menambahkan faktor-faktor lain. Kata Kunci: motivasi belajar, kecerdasan emosional, kemampuan komunikasi interpersonal, pelaksanaan pembelajaran daring.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011