Penulis / NIM
SRI YULIANTI MAHABU / 131417031
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstrak
Sri Yulianti Mahabu. 2022. Hubungan Budaya Relgius Sekolah dan
Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Berprestasi Siswa di MAN 1 Kota
Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen Pendidikan, fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Abd.
Kadim Masaong, M.Pd.dan Zulystiawati, M.Ed, PhD.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya relgius sekolah dan
kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi siswa di MAN 1 Kota
Gorontalo secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data
primer melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey melalui teknik
Ex Post Facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 298 orang. Data
dikumpulkan melalui quesioner. Analisis data yang digunakan yakni analisis
korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Budaya religius sekolah
memiliki hubungan positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi siswa di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo. Hasil positif menunjukan
bahwa semakin efektif penciptaan budaya religius yang dilakukan pada madrasah
maka akan semakin tinggi motivasi siswa untuk mencapai prestasi. (2)
Kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan dengan
motivasi berprestasi siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo.
Hasil positif menunjukan bahwa semakin baik tingkat kecerdasan siswa dalam
hal emosional maka motivasi siswa untuk mencapai prestasi akan semakin tinggi
pula. (3) Budaya religius sekolah dan kecerdasan emosional secara bersama-
sama memiliki hubungan signifikan dengan motivasi berprestasi siswa di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo. Hal ini menunjukan bahwa
motivasi berprestasi siswa sangatlah ditentukan oleh budaya religius sekolah dan
kecerdasan emosional, dimana kedua faktor ini dapat dioptimalkan oleh
madrasah melalui berbagai program madrasah. Untuk disarankan: 1) Penting
bagi Madrasah dalam menciptakan dan membuat program untuk meningkatkan
budaya religius, kemudian pentingnya bagi guru dan orang tua untuk melakukan
kerja sama dan meninjau serta perhatian pada progres belajar siswa, 2)
Pentingnya bagi sekolah untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa
dengan mengoptimalkan pendidikan karakter di sekolah, 3) Bagi peneliti
selanjutnya sebaiknya mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan
variabel independen lain yang berpotensi mempengaruhi motivasi berprestasi
siswa. Atau dengan mengembangkan analisis yang digunakan seperti
menggunakan analisis jalur dan analisis moderasi
Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Budaya Relgius Sekolah, Kecerdasan
Emosional
Download berkas