SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI YULIANTI MAHABU / 131417031
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstrak
Sri Yulianti Mahabu. 2022. Hubungan Budaya Relgius Sekolah dan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Berprestasi Siswa di MAN 1 Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen Pendidikan, fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd.dan Zulystiawati, M.Ed, PhD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya relgius sekolah dan kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi siswa di MAN 1 Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey melalui teknik Ex Post Facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 298 orang. Data dikumpulkan melalui quesioner. Analisis data yang digunakan yakni analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Budaya religius sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo. Hasil positif menunjukan bahwa semakin efektif penciptaan budaya religius yang dilakukan pada madrasah maka akan semakin tinggi motivasi siswa untuk mencapai prestasi. (2) Kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo. Hasil positif menunjukan bahwa semakin baik tingkat kecerdasan siswa dalam hal emosional maka motivasi siswa untuk mencapai prestasi akan semakin tinggi pula. (3) Budaya religius sekolah dan kecerdasan emosional secara bersama- sama memiliki hubungan signifikan dengan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo. Hal ini menunjukan bahwa motivasi berprestasi siswa sangatlah ditentukan oleh budaya religius sekolah dan kecerdasan emosional, dimana kedua faktor ini dapat dioptimalkan oleh madrasah melalui berbagai program madrasah. Untuk disarankan: 1) Penting bagi Madrasah dalam menciptakan dan membuat program untuk meningkatkan budaya religius, kemudian pentingnya bagi guru dan orang tua untuk melakukan kerja sama dan meninjau serta perhatian pada progres belajar siswa, 2) Pentingnya bagi sekolah untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa dengan mengoptimalkan pendidikan karakter di sekolah, 3) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel independen lain yang berpotensi mempengaruhi motivasi berprestasi siswa. Atau dengan mengembangkan analisis yang digunakan seperti menggunakan analisis jalur dan analisis moderasi Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Budaya Relgius Sekolah, Kecerdasan Emosional
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011