Penulis / NIM
YANLI POLIMENGO / 131417034
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstrak
ABSTRAK
Yanli Polimengo. 2022. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik Dengan Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Di SMA Negeri Se Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Phil. H. Ikhfan Haris, M.Sc dan Zulystiawati, M.Ed, PhD.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan peningkatan kemampuan mengajar guru di SMA Negeri Se Kota Gorontalo, 2) hubungan hasil pelaksanaan supervisi akademik dengan peningkatan kemampuan mengajar guru di SMA Negeri Se Kota Gorontalo, 3) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan hasil pelaksanaan supervisi akademik secara bersama-sama dengan peningkatan kemampuan mengajar guru di SMA Negeri Se Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 310 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel berjumlah 175 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data 1) uji kualitas instrument menggunakan uji validitas pearson, reabilitas cronbach alpa; 2) analisis deskriptif; 3) uji normalitas dan linearitas; 4) uji hipotesis dengan analisis korelasi parsial dan simultan; Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan peningkatan kemampuan mengajar guru di SMA Negeri se Kota Gorontalo; 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara hasil pelaksanaan supervisi akademik dengan peningkatan kemampuan mengajar guru di SMA Negeri se Kota Gorontalo; 3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah dan hasil pelaksanaan supervisi akademik dengan peningkatan kemampuan mengajar guru di SMA Negeri se Kota Gorontalo. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Kepala Sekolah di SMA Negeri se Kota Gorntalo agar hendaknya memberikan pembinaan kepada guru mengenai unsur-unsur peningkatan profesionalisme dan pengelolaan sesuai dengan kurikulum; (2) Hasil penelitian ini dapat dijadikan tambahan wawasan pengetahuan agar lebih meningkatkan kemampuannya dalam mengelola proses belajar mengajar. Guru hendaknya terampil dalam menciptakan berbagai inovasi dalam proses meningkatkan kemampuanya dalam proses mengelola pembelajaran di kelas; (3) Bagi peneliti lain hendaknya penelitian ini dapat menjadi bahan rujukan dalam melakukan penelitian yang sama atau yang sejenis.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Guru, Kemampuan, Mengajar
Download berkas