Penulis / NIM
ROSDIANA BAMBELA / 131417041
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Pembimbing 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstrak
ABSTRAK
Rosdiana Bambela. 2022. SKRIPSI. ƒ..."Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan (Studi Kasus Di SDN No. 31 Kota Selatan). Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Zulystiawati, M.Ed, PhD
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persepsi kepala sekolah perempuan mengenai kepemimpinan pendidikan di SDN 31 kota selatan, (2) strategi kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan prestasi sekolah di SDN 31 kota selatan, (3) budaya organisasi yang dikembangkan kepala sekolah perempuan dalam memperoleh dukungan dari orang tua dan masyarakat di SDN 31 kota selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persepsi kepala sekolah perempuan mengenai kepemimpinan pendidikan di SDN No. 31 Kota Selatan, dalam kepemimpinan kepala sekolah perempuan cenderung menggunakan perasaan dan lebih banyak pertimbangan dalam pengambilan keputusan, lebih teliti, sangat disiplin dan tegas, lebih betah berada dalam ruang lingkup pekerjaan, menyukai hal-hal yang indah, rapi dan teratur, lebih cepat tanggap, tidak membeda-bedakan guru, memotivasi dan mengayomi, lebih memahami guru, dan lebih dominan, (2) Strategi kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan prestasi sekolah Di SDN 31 kota selatan dilakukan untuk mencapai tujuan visi dan misi sekolah melalui program-program sekolah yang mendukung dalam meningkatkan prestasi sekolah seperti melakukan melakukan pengadaan untuk fasilitas sekolah yang masih minim yaitu laboratorium komputer, perpustakaan mini dan juga meningkatkan prestasi sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler, (3) Budaya organisasi yang dikembangkan kepala sekolah perempuan dalam memperoleh dukungan dari orang tua dan masyarakat di SDN 31 kota selatan melalui budaya keagamaan dan budaya literasi yang melibatkan semua masyarakat sekolah yaitu kepala sekolah, guru-guru, operator sekolah, siswa dan orang tua siswa. Melibatkan seluruh masyarakat dan memperoleh dukungan dari orang tua siswa membuat budaya yang dikembangkan berjalan efektif serta memberikan dampak baik kepada siswa. Budaya yang dikembangkan membutuhkan kerja sama yang baik antar warga sekolah sehingga melibatkan seluruh warga sekolah sangatlah penting.
Kata Kunci: perilaku, kepala sekolah perempuan
Download berkas