Penulis / NIM
SYARIF RAMADHAN YUSUF / 131417054
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Pembimbing 2 / NIDN
SULKIFLY, S.E., M.Pd / 0011129103
Abstrak
Syarif Ramadhan Yusuf. 2022. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Negeri 5 Gorontalo.Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arifin, M.Pd dan Pembimbing II Sulkifly, M.Pd.
Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMK 5 Gorontalo yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dan (3) evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi berada pada kategori baik, (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi berada pada kategori baik, dan (3) evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi baik. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Dinas Pendidikan, untuk dapat mengambil kebijakan yang berfokus pada siswa yang kurang mampu untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak untuk pembelajaran berbasis TIK melalui aplikasi yang berbentuk daring menggunakan smartphone. Selain itu, Dispendik kiranya dapat mengambil kebijakan khusus terkait pendidikan vokasi khususnya di SMK yang tentunya membutuhkan praktik yang berkualitas. (2) Bagi Sekolah, hendaknya untuk dapat memetakan tiap siswa yang dapat mengikuti pembelajaran melalui daring dengan siswa yang hanya bisa mengikuti pembelajaran secara luring dikarenakan tidak memiliki fasilitas penunjang dalam menjalankan pembelajaran TIK melalui e-learning. (3) Bagi Guru, hendaknya untuk lebih meningkatkan kemampuan dan kompetensi khususnya dalam literasi digital, hal ini nantinya dapat membantu guru dalam menjalankan pembelajaran berbasis TIK secara optimal, dan (4) Bagi Peneliti lainnya, hendaknya dapat menganalisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berbasis TIK dengan menggunakan metode lain seperti metode kualitatif sehingga dapat diperoleh informasi baru secara komprehensif.
Kata kunci: pengelolaan pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi.
Download berkas