Penulis / NIM
SRI WAHYUNI S HUSAIN / 131417055
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
Sri Wahyuni S. Husain, 2022. SKRIPSI. "Inovasi Kepala Sekolah Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Di Masa Pandemic Covid-19 Di MI Terpadu Al Ishlah Gorontalo. Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Intan Abd. Razak, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) program inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 di MI Terpadu Al Ishlah Gorontalo, (2) strategi inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 di MI Terpadu Al Ishlah Gorontalo, (3) dampak inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 di MI Terpadu Al Ishlah Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) program inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 berupa, program pendidikan interaktif berbasis rumah (PIBER) dengan menggunakan zoom dan video pembelajaran sebagai media pembelajaran, kunjungan rumah (Home Visit) memecahkan segala persoalan yang timbul dalam pembelajaran secara virtual atau online dan (School visit) siswa mengunjungi sekolah setiap sepekan sekali, (2) strategi inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 berupa, melakukan pengembangan kurikulum dengan memilih dan memilah kompetensi dasar yang esensialnya wajib didapat oleh anak, pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan memadukan teknologi sebagai media penghubung dalam pembelajaran, pengembangan teknologi informasi dalam pembelajaran dilakukan melalui pemberian pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, (3) dampak inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19, memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran secara online dan meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran.
Kata kunci: inovasi, kepala sekolah, pandemic covid-19
Download berkas