Penulis / NIM
WINDRI OCTAVI YANI HARUN / 131417059
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
Windri Octavi Yani Harun, 2022. SKRIPSI. ¢"Strategi Sekolah Dalam Penguatan Karakter Siswa Di sekolah Menengah Pertama¢. Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Novianty Djafri, S.Pd, M.Pd.I. Pembimbing II, Dr. Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi sekolah dalam penguatan karakter siswa di bidang akademik, (2) Mengetahui strategi sekolah dalam penguatan karakter siswa dibidang non akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses, (1) Wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Analisis data terdiri dari, (1) kondensasi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui (1) Perpanjangan pengamatan, (2) observasi, (3) triangulasi, dan (4) membercheck. Hasil penelitian menunjukan (1) Strategi sekolah dalam penguatan karakter siswa di bidang akademik, yaitu melalui lima nilai karakter utama yakni religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. (2) strategi sekolah dalam penguatan karakter siswa dibidang non akademik, yaitu melalui kegiatan organisasi seperti OSIS, pramuka dan kesenian.
Kata kunci: strategi; sekolah; penguatan karakter
Download berkas