Penulis / NIM
HASAN MASANI / 131417069
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
Hasan Masani. 2021. Implementasi Kebijakan Regrouping Pada Sekolah Dasar Di Kota Gorontalo (Study Multi Situs Di SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo, SDN 61 Kota Timur Kota Gorontalo, Dan SDN 69 Kota Tengah Kota Gorontalo). Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Besse Marhawati, M.Pd. Pembimbing II Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengelolaan tenaga pendidik, (2) pengelolaan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi situs. Subjek dalam penelitian berjumlah 12 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan 3 guru kelas dari masing-masing sekolah. Teknik pengumpulan data melalui (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan model studi multi situs yang terdiri (1) analisis data tunggal, dan (2) analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dengan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengelolaan tenaga pendidik, dan 2) pengelolaan peserta didik dapat dikategorikan efektif karena untuk penempatan guru dan penjadwalan dalam mengajar di SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo, SDN 61 Kota Timur Kota Gorontalo, dan SDN 69 Kota Tengah Kota Gorontalo sama seperti sekolah yang tidak mengimplementasikan kebijakan regrouping. Kemudian untuk penerimaan peserta didik, orientasi peserta didik, pengelompokkan peserta didik, dan proses belajar mengajar di SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo, SDN 61 Kota Timur Kota Gorontalo, dan SDN 69 Kota Tengah Kota Gorontalo juga sama seperti sekolah yang belum mengimplementasikan kebijakan regrouping.
Kata Kunci: Kebijakan Regrouping, Tenaga Pendidik, Peserta Didik
Download berkas