Penulis / NIM
SRI PUTRI ANGRAINI DJAFAR / 131417071
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Sri Putri Anggraini Djafar. 2021. Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru di SMK Negeri Se Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Intan Abd. Razak, S.ag, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui: 1) hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri Se Kota Gorontalo, 2) hubungan motivasi kerja dengan kinerja guru di SMK Negeri Se Kota Gorontalo, 3) hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMK Negeri Se Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 427 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel berjumlah 207 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Teknik analisis data 1) uji kualitas instrument menggunakan uji validitas pearson, reabilitas cronbach alpa; 2) analisis deskriptif; 3) uji normalitas dan linearitas; 4) analisis persamaan regresi; 5) uji hipotesis dengan uji parsial dan simultan;. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri Se Kota Gorontalo; 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru di SMK Negeri Se Kota Gorontalo; 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SMK Negeri Se Kota Gorontalo. Untuk itu disarankan: (1) Bagi kepala sekolah, diharapkan mampu memberikan motivasi terus menerus kepada guru SMK Negeri Kota Gorontalo untuk meningkatkan kinerja mereka serta mampu memberikan solusi bagi semua permasalahan yang dihadapi guru ataupun yang terjadi dalam sekolahnya; 2) Bagi guru, sebagai masukan untuk lebih meningkatkan motivasi kerja yang akan berdampak pada peningkatan kinerja dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal dan mampu bekerja sama antar guru, karyawan, komite sekolah, dan orang tua siswa untuk pengembangan dan kemajuan sekolah ; 3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi kinerja guru selain perilaku kepemimpinan dan motivasi kerja, sehingga dapat diketahuif aktor-faktor lain yang berkontribusi pada kinerja guru.
Kata kunci: Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Download berkas