SKRIPSI

Penulis / NIM
ROSDIANI BAMBELA / 131417076
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) program pembinaan hard skill dan soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo, (2) implementasi program pembinaan hard skill dan soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo, (3) Evaluasi dan tindak lanjut program pembinaan hard skill dan soft skill SMK Negeri 1 Gorontalo siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan tahap: (1) pengumpulan data, (2) kondensasi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Program pembinaan hard skill dan soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo dilakukan melalui : (1) program intrakurikuler meliputi kegiatan pembelajaran, kegiatan praktek kerja industri, kegiatan guru tamu. Dan melalui program ekstrakurikuler meliputi kegiatan lomba sekolah, kegiatan pramuka, kegiatan jumat bersih. (2) implementasi program pembinaan hard skill dan soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo meliputi pelaksanaan program intrakurikuler pada kegiatan pembelajaran meliputi alokasi waktu mengajar, jadwal mata pelajaran, materi pembelajaran, kegiatan praktek kerja industri meliputi melakukan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri dalam bentuk MOU, kegiatan guru tamu yaitu mengundang guru dari industri. Dan pelaksanaan program ekstrakurikuler meliputi kegiatan lomba sekolah dilaksanakan pada ulang tahun sekolah, pada kegiatan pramuka dilaksanakan pada awal tahun pelajaran baru dan kegiatan jumat bersih dilaksanakan setiap hari jumat. (3) evaluasi dan tindak lanjut program pembinaan hard skill dan soft skill siswa terdapat proses evaluasi program pembinaan hard skill dan soft skill siswa dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran melalui tugas harian, ujian harian, ujian tengah semester, angket penilaian diri sendiri, angket penilaian teman sejawat, teknik non tes, kegiatan prakerin melalui monitoring oleh guru pembimbing, serta evaluasi kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk observasi. Dan tindak lanjut evaluasi program yaitu dengan memberikan remedial, memberikan layanan konseling, melakukan kerjasama dengan orang tua siswa melalui rapat dan home visit. Untuk itu disarankan kepada: (1) Bagi kepala sekolah, diharapkan bisa menambah program-program untuk lebih mendukung perkembangan hard skill dan soft skill siswa sesuai kebutuhan dunia kerja, (2) bagi guru, dalam merancang rencana perangkat pembelajaran diharapkan dapat melakukan identifikasi terlebih dahulu terkait hard skill dan soft skill yang dibutuhkan siswa agar proses belajar lebih efektif, dan (3) bagi siswa, disarankan untuk lebih giat belajar dan lebih meningkatkan hard skill dan soft skill agar mampu bersaing dalam dunia kerja. Kata Kunci : pengelolaan, hard skill, soft skill, siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011