SKRIPSI

Penulis / NIM
SELFIYANTI AHMAD / 131417077
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRACK Selfiyanti Ahmad, 2022. Kemampuan Guru dalam Mengimplementasi Sistem E-Raport Di SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Ibu Dr. Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengimplementasi system e-raport di SMK Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) diisi oleh Guru, semua berjumlah 40 orang. Wawancara dilakukan kepada Guru wali kelas dan Guru produktif sebanyak 4 orang. Observasi dan dokumentasi yang digunakan mendukung. Temuan hasil analisis penelitian menunjukan; (1) kemampuan guru menguasai aplikasi sistem e-raport pada SMK Negeri 2 Gorontalo berada pada kategori efektif dengan presentase 77.44 %. (2) kemampuan guru menguasai fitur aplikasi sistem e-raport di SMK Negeri 2 Gorontalo berada pada kategori efektif dengan presentase 78.88 %. (3) hambatan guru dalam menguasai aplikasi sistem di SMK Negeri 2 Gorontalo berada pada kategori efektif dengan presentase 79.81 %. Untuk itu disarankan: 1) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Gorontalo perlu melakukan kegiatan yang relevan untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi Guru dimasa yang akan datang. Guru membutuhkan kesempatan untuk upgrade skill dengan difasilitasi oleh pihak sekolah, sehingga rekan kepala sekolah yang lain dapat memberdayakan tenaga pendidik yang berpotensi agar dapat mengembangkan kegiatan yang serupa. 2) Bagi guru untuk meningkatkan kapasitas melalui pelatihan yang rutin untuk mneggunakan berbagai aplikasi yang baiknya tata kelola administratif dalam kependidikan. Guru perlu juga memiliki inisiatif yang tinggi untuk terus belajar dalam menggunakan aplikasi tersebut supaya bisa menjadi lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan nilai siswa serta evaluasi yang langsung bisa terintegrasi dengan sistem lainnya. 3) Bagi stakeholder kependidikan untuk meningkatkan sarana dan prasarana untuk kepentingan admnistratif dalam kependidikan agar berbagai hambatan dalam penggunaan aplikasi khususnya aplikasi e-raport bisa dengan mudah untuk diatasi sehingga aplikasi ini bisa memberi dampak positif dan mereduksi berbagai hal negatif dalam administratif untuk penilaian hasil belajar siswa. Kata Kunci: kemampuan guru, sistem e-raport
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011