Penulis / NIM
LINDA SAPUTRI / 131418003
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
Linda Saputri. 2022. Skripsi. ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒ..." Digitalisasi Perpustakaan Sekolah Di SMA Negeri 3 Gorontaloƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arifin, M.Pd. Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan Digitalisasi Perpustakaan Sekolah di SMA Negeri 3 Gorontalo, (2) Pelaksanaan Digitalisasi Perpustakaan Sekolah di SMA Negeri 3 Gorontalo, (3) Dampak Digitalisasi Perpustakaan Sekolah di SMA Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan tahap: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) perencanaan digitalisasi perpustakaan sekolah di SMA Negeri 3 Gorontalo terdapat : perencanaan pustakawan, perencanaan fasilitas, perencanaan koleksi digital, dan perencanaan pelayanan. pelaksanaan digitalisasi perpustakaan sekolah di SMA Negeri 3 Gorontalo : menggunakan sebuah aplikasi SLiMS pada proses digitalisasi terutama pada proses pemimjaman, pengembalian dan pengunjungan. dampak digitalisasi perpustakaan bagi sekolah meliputi: dampak bagi sekolah, terdapat penghargaan berupa serifikat, dampak bagi guru, dan dampak bagi siswa meningkatnya prestasi, dan meningkatnya minat baca siswa. Untuk disarankan Bagi sekolah, diharapkan bisa menambah kualitas perpustakaan untuk mendukung tercapainya suatu hasil yang lebih maksimal untuk kedepannya. Bagi tenaga perpustakaan, diharapkan bisa menambah pengetahun lebih dalam lagi mengenai digitalisasi perpustakaan agar perpustakaan bisa lebih maju lagi dari sebelumnya. Bagi guru, manfaatkan sebaik-baiknya digitalisasi perpustakaan agar bisa mempermudah dalam proses belajar mengajar. Bagi siswa, disarankan untuk lebih giat lagi dalam membaca dan lebih meningkatkan kualitas dirinya dengan manfaatkan adanya digitalisasi perpustakaan. Bagi peneliti lain, disarankan untuk menambah bahan referensi atau menggunakan jenis metode lain dalam penelitiannya.
Kata Kunci: digitalisasi, perpustakaan, sekolah.
Download berkas