Penulis / NIM
RESTI IMBAN / 131418004
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kesiapan sumber daya sekolah untuk menjadi sekolah penggerak di SMKN se-kota gorontalo, (2) Kesiapan sarana dan prasarana untuk menjadi sekolah penggerak di SMKN se-kota gorontalo(3) Kesiapan kurikulum untuk menjadi sekolah penggerak di SMKN se-kota gorontalo. penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)kesiapan sumber daya sekolah untuk menjadi sekolah penggerak di SMKN se-kota gorontalo berada pada kategori cukup tersedia, (2)kesiapan saran dan prasarana untuk menjadi sekolah penggerak di SMKN se-kota gorontalo berada pada kategori cukup tersedia, dan (3)kesiapan kurikulum untuk menjadi sekolah penggerak di SMKN se-kota gorontalo berada pada kategori tersedia. Untuk itu disarankan: (1)untuk tenaga pendidik diharapkan agar meningkatkan lagi sumber daya manusia untuk menjadi sekolah penggerak, (2)untuk sekolah diharapkan agar bisa menjaga dan meningkatkan sarana dan prasarana yang ada disekolah, dan (3)untuk tenaga kependidikan diharapkan agar lebih meningkatkan kesiapan kurikulum untuk menjadi sekolah penggerak.
Kata kunci: kesiapan sekolah, sekolah penggerak
Download berkas