Penulis / NIM
RIZAL SAPUTRO MUSTAMIN / 131418005
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Pembimbing 2 / NIDN
SULKIFLY, S.E., M.Pd / 0011129103
Abstrak
ABSTRAK
Rizal Saputro Mustamin. 2022. SKRIPSI ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..." Pengelolaan model pendidikan karakter di Yayaysan Al Quran dan Dakwah Kecamatan Telaga Biruƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚. Kabupaten Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universita Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arifin, S.Pd., M.Pd Pembibing II Sulkifly, S.E., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) desain program pendidikan karakter; (2) implementasi model pendidikan karakter; (3) dampak/hasil dari pendidkan karakter di Yayasan Al Quran dan Dakwah Kecamatan Telaga Biru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data dan perarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1) desain program pendidikan karakter meliputi pengembangan nilai karakter religius, gotong royong, integritas, nasionalis yang terlibat dalam pendidikan karakter adalah para pengajar dan terbentuknya nilai tersebut karakter melalui pembinaan program program pendidikan karakter seperti ngaji, wiritan hirji, khuruj dan apel malam; (2) implementasi dalam model pendidikan karakter meliputi pembiasaan, keteladanan dan pemberian reward and punishment. penerapan pembiasaan seperti disiplin, tidak ghosob. penerapan keteladanan seperti mencontohi kehidupan Nabi SAW dan Sahabat R.a seperti saling ikrom dan memuliakan yang lebih tua, menghargai sebaya dan menyayangi yang muda. Pemberian reward and punishment seperti pemberian hadiah dan dijadikan imam, adapun hukuman kepada peserta didik seperti dirotan hukuman tradisional pondok, yang dihaparapkan dapat membentuk perilaku peserta didik yang berkarakter; (3) Dampak pendidikan karakter terhadap prestasi peserta didik dimana peserta didik menjadi hafaidz Al Quran dan juga diberikan amanah berupa proyek. Adapun untuk prilaku peserta didik dimana menjadkan peserta didik yang berakhlak baik, budi pekerti, disiplin dan mandiri. Selanjutnya pada motivasi peserta didik, dimana adanya dorongan dari luar atau motivasi eksternal seperti syarat kenaikan kelas harus mempunyai hafalan 3 juzz setengah dan juga program ngaji bersama. Untuk itu disarankan : (1) kepala sekolah / kepala yayasan diharapkan agar dapat meningkatkan fasilitas yang menunjang pendidikan karakter; (2) kepada pendidik diharapkan dapat membantu kegiatan pendidikan karakter sehingga terwujudnya generasi yang berkarakter sesuai dengan visi misi dan tujuan yayasan; (3) peneliti lainnya diharapkan dapat memperdalam kembali penelitian ini terutama pada aspek aspek yang kiranya belum dikaji oleh peneliti.
Kata Kunci : pengelolaan dan model pendidikan karakter
Download berkas