Penulis / NIM
						NOVITA PAPUTUNGAN / 131418009
						Program Studi
						S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
						Pembimbing 1 / NIDN
						Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
						Abstrak
						Abstrak 
Novita Paputungan. 2023. Implementasi Nilai-Nilai Religius Guru Dalam Penguatan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar                            Se-Kecamatan Kota Selatan Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Fory Armin Naway, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai religius guru dalam penguatan karakter siswa di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kota Selatan Gorontalo. Melalui nilai: (1) nilai religius kejujuran; (2) nilai religius toleransi; (3) nilai religius kepedulian sosial; dan (4) nilai religius tanggungjawab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Teknik penarikan anggota sampel dengan menggunakan Nomogram Hary King, sehingga diperoleh jumlah anggota sampel 106 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai religius kejujuran berada pada kategori cukup baik; (2) nilai religius toleransi berada pada kategori baik; (3) nilai religius kepedulian sosial berada pada kategori baik; dan (4) nilai religius tanggungjawab berada pada kategori cukup baik. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Sekolah, diperlukan kerjasama dengan orang tua siswa dalam implementasi nilai-nilai religius; (2) Bagi Guru, perlu mengarahkan perilaku siswa agar siswa dapat mempraktekan nilai religius kejujuran, toleransi, kepedulian sosial dan tanggungjawab di kelas.
Kata kunci : nilai religius guru, penguatan karakter siswa.
						Download berkas