SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIYANI YUNUS / 131418020
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
SULKIFLY, S.E., M.Pd / 0011129103
Abstrak
ABSTRAK FITRIYANI YUNUS. 2022. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Berbasis Teknologi dan Informasi di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arwildayanto, M.Pd., dan Pembimbing II Sulkifly, SE., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana berbasis teknologi dan informasi di MAN Insan Cendekia Gorontalo pada aspek: (1) penyusunan kebutuhan; (2) pendistribusian; (3) inventarisasi; (4) pemeliharaan; (5) laporan pertanggungjawaban dan; (6) penghapusan berbasis teknologi dan informasi di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Jumlah subjek penelitian sebesar 30 orang tenaga pendidik dan kependidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan kebutuhan sarana dan prasarana berbasis teknologi dan informasi berada pada kategori baik; (2) Pendistribusian sarana dan prasarana berbasis teknologi dan informasi berada pada kategori baik; (3) Inventarisasi sarana dan prasarana berbasis teknologi dan informasi berada pada kategori baik; (4) Pemeliharaan sarana dan prasarana berbasis teknologi dan informasi berada pada kategori baik; (5) Laporan pertanggungawaban sarana dan prasarana berbasis teknologi dan informasi berada pada kategori baik; (6) Penghapusan sarana dan prasarana berbasis teknologi dan informasi berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Sekolah, hendaknya dapat meningkatkan kapasitas dari para operator aplikasi dengan memberikan dukungan yang penuh melalui pelatihan- pelatihan tentang pengelolaan sarana prasarana berbasis IT, sehingga dapat menambah kualitas operator menjadi lebih terampil dan juga handal; (2) Bagi Operator Aplikasi, hendaknya untuk senantiasa mengasah keterampilan dan kemampuanya dengan mengupdate wawasan dan pengetahuannya dibidang pengelolaan sarana dan prasarana berbasis IT. Agar nantinya kuaslitas pengelolaan sarana dan prasara menjadi lebih baik serta sarana dan prasara yang ada tetap terjaga kondisinya guna mencapai tujuan pendidikan di madrasah Kata kunci : Pengelolaan, sarana prasarana, teknologi informasi. ABSTRACT FITRIYANI YUNUS. 2022. The Management of Facilities and Infrastructure Based on Information Technology at MAN Insan Cendekia Gorontalo. Undergraduate Thesis, Department of Educational Management, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. The Principal Supervisor is Dr. Arwildayanto, M.Pd., and the Co-supervisor is Sulkifly, SE., M.Pd. The research aims to figure out the management of facilities and infrastructure based on information technology at MAN Insan Cendekia Gorontalo in the following aspects: (1) requirement planning; (2) distribution; (3) inventory; (4) maintenance; (5) accountability reports and; (6) elimination based on information technology at MAN Insan Cendekia Gorontalo. It employs a quantitative method with an explanatory approach, with the number of research subjects are 30 educators and educational staff. The data collection techniques are questionnaires, interviews, and documentation. At the same time, the analytical technique used in this research is descriptive analysis technique using the percentage formula. The research findings signify that: (1) The requirement planning for facilities and infrastructure based on information technology is in the good category; (2) The distribution of facilities and infrastructure based on information technology is in the good category; (3)The inventory of facilities and infrastructure based on information technology is in the good category; (4) The maintenance of facilities and infrastructure based on information technology is in good category; (5) The accountability report of facilities and infrastructure based on information technology is in the good category; (6) The elimination of facilities and infrastructure based on information technology is in the good category. For this reason, it is recommended: (1) For schools, the schools are expected to be able to increase the capacity of application operators by providing full support through training on IT-based infrastructure management so as to increase the quality of operators to become more skilled and reliable; (2) For application operators, they should always hone their skills and abilities by updating their insights and knowledge in the field of IT-based facilities and infrastructure management. Hence, it is expected that the quality of the management of facilities and infrastructure will be better, and the existing facilities and infrastructure will be maintained in order to achieve the goals of education in madrasas (Islamic schools). Keywords: Management, infrastructure, information technology.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011