Penulis / NIM
CINDRAWATI TULOLI / 131418025
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Cindrawati Tuloli. 131418025. 2022. Hubungan Budaya Sekolah Dan Pengalaman Kerja Dengan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr.Arwildayanto, S.Pd, M.Pd dan Intan Abdul Rajak, S.Ag, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya sekolah dan pengalaman kerja dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer mellaui penyebaran kuesioner kepada responden. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode Korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 orang dari Populasi sebanyak 131 orang guru. Data dikumpulkan melalui quesioner. Analisis data yang digunakan yakni analisis korelasional berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Budaya sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo dengan nilai hubungan sebesar 70,80% yang berada dalam kategori hubungan yang cukup kuat. Hasil hubungan positif menunjukan bahwa semakin ideal dan kondusif budaya sekolah maka akan mendorong tingginya hasil capaian kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. (2) Pengalaman kerja memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo dengan nilai hubungan sebesar 68,40% yang berada dalam kategori hubungan yang cukup kuat. Hasil hubungan positif menunjukan bahwa semakin lama dan bermutu pengalaman kerja guru maka kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo akan mengalami peningkatan. (3) Budaya sekolah dan pengalaman kerja secara bersama-sama memiliki hubungan signifikan dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo dengan nilai hubungan sebesar 81,30% yang berada dalam kategori hubungan yang kuat. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kompetensi guru, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, tunjangan kinerja, pendidikan dan pelatihan bagi guru..
Kata kunci: Kinerja Guru, Budaya Sekolah, Pengalaman Kerja
Download berkas