Penulis / NIM
LARAHAYU WANDIRA TAHER / 131418028
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
SULKIFLY, S.E., M.Pd / 0011129103
Abstrak
Larahayu Wandira Taher. 2022. ¢"Pengelolaan Pembelajaran berbasis Hypermedia Di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo¢. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan. Pembimbing (I) Dr. Arwildayanto, M.Pd dan Pembimbing (II) Sulkifly SE., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran berbasis hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo, (2) penerapan pembelajaran berbasis hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo, (3) evaluasi pembelajaran berbasis Hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistic. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran berbasis hypermedia disekolah SMA Negeri Se-Kota Gorontalo termasuk dalam kategori baik, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo termasuk dalam kategori baik, (3) evaluasi pembelajaran berbasis Hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo termasuk dalam kategori baik. untuk itu disarankan: (1) Bagi kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan pendidik dan siswa agar lebih siap mengikuti pembelajaran menggunakan hypermedia, (2) Bagi guru diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi sehingga lebih siap dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan hypermedia, (3) Bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan di bidang teknologi, informasi dan komunikasi sehingga lebih siap dalam mengikuti pembelajaran menggunakan hypermedia, (4) Bagi peneliti berikutnya, hendaknya melakukan kajian yang lebih mendalam mengenai pengelolaan pembelajaran berbasis hypermedia, dengan menggunakan teknik ataupun metode lainya dan mempeluas pengetahuan dibidang pendidikan dan pengelolaan metode pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran, Hypermedia, teknologi.
Download berkas