SKRIPSI

Penulis / NIM
MEISRIWULAN A. MOHAMAD / 131418030
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
SULKIFLY, S.E., M.Pd / 0011129103
Abstrak
ABSTRAK Meisriwulan A. Mohamad. 2022. Skripsi. ƒ..."Pengelolaan Pembelajaran Blended learning di MAN Insan Cendekia Gorontaloƒ‚. Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Arifin Suking, S.Pd., M.Pd, dan Pembimbing II Sulkifly, S.E., M.Pd. Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan pembelajaran blended learning. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tentang: (1) Penerapan pembelajaran blended learning di MAN Insan Cendekia Gorontalo; (2) Sistem evaluasi pembelajaran blended learning di MAN Insan Cendekia Gorontalo; (3) Dampak pembelajaraan blended learning di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Metode penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan (1) wawancara, (2) dokumentasi, dan (3) observasi. Analisis data menggunakan alur (1) kondensasi data, (2) penyajian data, (3) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Penerapan pembelajaran blended learning sudah berjalan dengan baik, karena dilakukan perencanaan pembelajaran yang didalamnya diawali dengan kegiatan workshop, penyusunan RPP dan bahan ajar. Kemudian pelaksanaan pembelajaran blended learning sudah di jalankan dengan baik ini di buktikan dengan tersedianya bahan ajar yang baik, penggunaan strategi dan media pembelajaran yang bervariasi dan pengelolaan kelas yang efektif.; (2) Sistem evaluasi pembelajaran blended learning yang diawali dengan pemberian tugas berbasis blended learning, pemberian instrument test ulangan berbasis blended learning dan penilaian terhadap hasil belajar sudah baik. Sistem evaluasinya guru menyediakan beberapa beberapa platform, seperti: WhatsApp, google class room, e-mail dan yang paling sering digunakan adalah e-learning madrasah. Dan Sesuai dengan ketentuan pelaksanaannya dilaksanakan secara fleksibel.; (3) Dampak pembelajaran menggunakan metode blended learning : Bagi siswa siswa adalah kerangka waktu lebih fleksibel, sehingga siswa dapat lebih mandiri dan dapat meningkatkan kemampuan belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri dan juga dapat menciptakan pengalaman belajar seoptimal mungkin untuk mencapai hasil pembelajaran yang diharapkan. Bagi guru melatih kreatif guru dalam merancang media pembelajaran yang berfariatif dan juga dalam penerapannya, dan bagi sekolah meningkatnya nilai dan mutu sekolah dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif dan bervariatif. Kata kunci: Pengelolaan, pembelajaran, blended learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011