Penulis / NIM
SEKLIN NOVA DEVIYANTI / 131418033
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Seklin Nova Deviyanti. 2022. Kesiapan Sekolah Dalam Menghadapi Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Warni Tune Sumar, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kesiapan sekolah dalam pengelolaan layanan kesehatan, (2) Kesiapan sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana, (3) Kesiapan sekolah dalam pembelajaran pasca pandemi, dan (4) Kesiapan sekolah dalam pengelolaan sumber daya manusia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif eksplanatori.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesiapan sekolah dalam pengelolaan layanan kesehatan berada pada kategori siap, (2) kesiapan sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pada kategori cukup siap, (3) Kesiapan sekolah dalam pengelolaan pembelajaran berada pada kategori siap, (4) Kesiapan sekolah dalam pengelolaan sumber daya manusia berada pada kategori cukup siap. Untuk itu disarankan: (1) Kepala Sekolah diharapkan dapat meningkatkan kesiapan sekolah dalam pengelolaan layanan kesehatan khususnya penyediaan masker standar kesehatan minimal 1/3 dari jumlah siswa, (2) Kepala Sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana yaitu ruang isolasi untuk antisipasi warga satuan pendidikan yang bersuhu badan diatas normal beserta tanda informasi, (3) Pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran yang baik pasca pandemi, (4) Pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya di bidang teknologi, informasi dan komunikasi agar lebih siap dalam kegiatan belajar mengajar yang baik di era digital, (5) Peneliti lainnya diharapkan dapat memperdalam kembali penelitian ini khususnya pada aspek-aspek yang belum dikaji oleh peneliti.
Kata kunci: kesiapan sekolah, pasca pandemi, covid-19
ABSTRACT
Seklin Nova Deviyanti. 2022. School Readiness in the Post-Covid-19 Pandemic of All Junior High Schools throughout Batudaa Subdistrict, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis, Department of Educational Management, Facult of Education, Universitas Negeri Gorontalo. The Principal Supervisor is Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd and the Co Supervisor is Dr. Warni Tune Sumar, M.Pd.
This research aims to investigate junior high school readiness in managing: (1) health service, (2) facilities and infrastructure, (3) post-pandemic learning activities, and (4) human resources. The research method uses a quantitative approach with descriptive explanatory as the research type. Techniques of data collection employ questionnaires, interviews, and documentation. Technique of data analysis is percentage form. Findings reveal that: (1) the school health service is in the ready category, (2) the school facilities and infrastucture are in the fairly ready category, (3) the learning activities are in the ready category, (4) the human resource management is in the fairly ready category. Hencw, some recommendations are made as follows. (1) The principals are expected to improve the health services, particularly in the provision of standard face masks for at least 1/3 of the total students, (2) The principals are expected to provide facilities and infrastructure such as isolation rooms for students or teachers with a body temperature above normal as well as the provision of Covid-19 signages, (3) the teachers and education staff are expected to be creative and innovative in designing compelling learning activities, (4) The teachers and education staff are expected to improve their skills in information communication technology in order to be better prepared in providing more captivating teaching, and learning activities in the digital era, (5) other further researchers are expected to deepen the research from the aspects that have not been discussed by the researcher.
Keywords: School Readiness, Post-Pandemic, Covid-19
Download berkas