Penulis / NIM
DIAN LESTARI / 131418034
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMKN 2 Gorontalo, (2) hubungan antara intensitas kegiatan supervisi akademik dengan kinerja guru di SMKN 2 Gorontalo, dan (3) hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan intensitas pelaksanaan supervisi akademik dengan kinerja guru di SMKN 2 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validitas data, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji linearitas data, uji keberartian serta uji hipotesis dengan perhitungan koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perilaku kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru yaitu sebesar 50,2%, (2) intensitas pelaksanaan supervisi akademik memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru yaitu sebesar 22,2%, (3) perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan intensitas pelaksanaan supervisi akademik memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru yaitu sebesar 71,07%.
Kata Kunci : perilaku kepememipinan, intensitas supervisi akademik, kinerja guru
Download berkas