Penulis / NIM
FATRIA SOEDARSONO / 131418037
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Fatria Soedarsono. 2022. Skripsi. Pengelolaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Bapak Dr. Arifin Suking, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Ibu Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) Sistem rekrutmen peserta didik berkebutuhan khusus; (2) Pembinaan kegiatan akademik peserta didik berkebutuhan khusus; dan (3) Pembinaan kegiatan non akademik peserta didik berkebutuhan khusus. Metode penelitian adalah kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan (1) Kondensasi data; (2) Penyajian data; dan (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Sistem rekrutmen melalui jalur khusus dan seleksi administrasi yang terdiri dari surat keterangan bukti bahwa siswa tersebut benar-benar tergolong berkebutuhan khusus; (2) Pembinaan kegiatan akademik, pembelajaran pada umunya sama dengan siswa regular hanya berbeda di tataletak tempat duduk untuk memudahkan pengawasan guru terhadap siswa berkebutuhan khusus. Nilai ketuntasan siswa berkebutuhan khusus hanya 50% dari siswa regular; (3) Pembinaan kegiatan non akademik siswa berkebutuhan khusus ada kegiatan ekstrakurikuler dan melatih keterampilan (life skill), pembinaan ekstrakurikuler siswa berkebutuhan khusus tetap ikut tapi tetap selalu dalam pantuan guru dan orang tua/wali siswa.
Kata Kunci: Pengelolaan, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus.
Download berkas