Penulis / NIM
WIDYA HOFIFA MAMONTO / 131418048
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
Widya Hofifa Mamonto. 131418048. 2022. Hubungan Motivasi Kerja dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru di SDN Se Kecamatan Bolangitang Barat. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ansar, S.Pd, M.Si dan Pembimbing (II) Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru di SDN se Kecamatan Bolangitang Barat, (2) hubungan antara iklim kerja dengan kinerja guru di SDN se Kecamatan Bolangitang Barat, dan (3) hubungan antara iklim kerja dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SDN se Kecamatan Bolangitang Barat. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji keberartian, uji linearitas, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan motivasi kerja dengan kinerja guru di SDN Se Kecamatan Bolangitang Barat; (2) Terdapat hubungan yang signifikan iklim kerja dengan kinerja guru di SDN Se Kecamatan Bolangitang Barat; (3) Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara motivasi kerja dan iklim kerja dengan kinerja guru di SDN Se Kecamatan Bolangitang Barat. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Kepala sekolah, sebaiknya kepala sekolah sebagai pemimpin untuk dapat memberikan dorongan dan menciptakan motivasi kerja yang lebih baik sekaligus iklim kerja yang kondusif sehingga dengan iklim yang baik maka para guru dapat memperbaiki kinerjanya dikemudian hari. Sehingga pencapaian tujuan visi, misi sekolah dapat terlaksana dengan baik dengan kinerja guru yang semakin bermutu. karena iklim kerjan yang kurang kondusif dapat berdampak pada melemahnya kinerja guru; (2) Bagi Guru, sebaiknya guru perlu lebih meningkatkan motivasi diri yang lebih untuk berusaha keras menjadi yang terbaik dalam mencerdaskan anak bangsa sekaligus membangun iklim kerja yang lebih kondusif lagi agar dapat memacu dirinya untuk lebih berkinerja lagi dalam menjalankan tugas profesionalnya. Untuk membangun iklim kerja yang baik guru perlu memiliki rasa bangga dengan profesi dan sekolah tempatnya bekerja. Selain itu guru, perlu membangun kehangatan dalam lingkungan sekolah baik dengan sesama guru ataupun dengan anak didik mereka, sehingga semua warga sekolah dapat saling mendukung program sekolah, dan paling utama adalah menjaga keutuhan bersama sehingga tidak menimbulkan konflik dalam lingkungan sekolah.
Kata Kunci : Motivasi kerja, iklim kerja, kinerja guru
Download berkas