SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR AIN HAMZAH / 131418054
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan media pembelajaran inklusi di SMA 4 Gorontalo; (2) Penggunaan media pembelajaran inklusi di SMA 4 Gorontalo; (3) Pemeliharaan media pembelajaran inklusi di SMA 4 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1) Perencanaan media pembelajaran inklusi meliputi pengklasifikasian media pembelajaran inklusi yang dibutuhkan oleh peserta didik yang berkebutuhan khusus dan selanjutnya melakukan pengadaan media pembelajaran inklusi tersebut; (2) Implementasi penggunaan media pembelajaan inklusi tersebut meliputi penggunaan media pembelajaran inklusi tersebut secara baik dan maksimal sehingga terjaga dan awet media pembelajaran inklusi tersebut (3) Pemeliharaan media pembelajaran inklusi meliputi upaya pemeliharaan, dan pengembangan. Pemelihraannya yakni menitik beratkan pada pemakaian media pembelajaran inklusi tersebut agar tidak cepat rusak dan juga melakukan pemeriksaan media pembelajaran sehingga media pembelajaran tersebut tetap terjaga dan baik. Pengembangannya yakni dengan melakukan kerja sama dengan SLB terkati media pembelajaran inklusi. Kesimpulan perencanaan media pembelajaran inklusi meliputi perencanaan dan pengadaan median pendidikan inklusi melalui pengklasifikasi kebutuhan. Implementasi penggunaan meliputi penggunaan media tersebut secara baik. Adapun pemeliharaan yang dilakukan meliputi upaya yang dilakukan agar awetnya media pembelajaran tersebut dan melakukan pengembangannya seperti melakukan kerja sama dengan SLB terkait media pembelajaran inklusi. Untuk itu disarankan : (1) Kepala sekolah diharapkan agar dapat meningkatkan media pembelajaran inklusi sehingga adanya penyamaan dalam pembelajaran bagi anak yang berkebutuhan khusus (2) Kepada pendidik diharapkan dapat membantu kegiatan pendidikan anak inklusi sehingga terwujudnya tujuan sekolah yakni meningkatkan mutu pendidikan (3) Peneliti lainnya diharapkan dapat memperdalam kembali penelitian ini terutama pada aspek aspek yang kiranya belum dikaji oleh peneliti.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011