Penulis / NIM
AGUS BADU / 131418064
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Pembimbing 2 / NIDN
SULKIFLY, S.E., M.Pd / 0011129103
Abstrak
ABSTRAK
Agus Badu. 2022. Analisis Kepuasan Pengguna Lulusan Jurusan Manajemen Pendidikan di Provinsi Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I; Dr. Arifin, M.Pd dan Pembimbing; II Sulkifly, S.E, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna lulusan jurusan Manajemen Pendidikan yang telah bekerja di beberapa instansi di Provinsi Gorontalo yang ditinjau dari aspek: (1) Integritas (etika dan moral), (2) Keahlian berdasarakan bidang ilmu (profesionalisme), (3) Kemampuan penggunaan teknologi informasi (4) Kemampuan komunikasi, (5) Kemampuan kerjasama tim, (6) Pengembangan diri dan
(7) Kemampuan bahasa asing. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Integritas (etika dan moral) dari lulusan jurusan Manajemen Pendidikan berada pada kategori puas, (2) Keahlian berdasarakan bidang ilmu (profesionalisme) dari lulusan jurusan Manajemen Pendidikan termasuk pada kategori puas, (3) Kemampuan penggunaan teknologi informasi dari lulusan jurusan Manajemen Pendidikan berada pada ketagori puas (4) Kemampuan komunikasi dari lulusan jurusan Manajemen Pendidikan termasuk pada kategori puas, (5) Kemampuan kerjasama tim dari lulusan jurusan Manajemen Pendidikan termasuk dalam ketegori puas, (6) Pengembangan diri dari lulusan jurusan Manajemen Pendidikan pada kategori puas dan (7) Kemampuan bahasa asing dari lulusan jurusan Manajemen Pendidikan pada kategori sangat kurang puas. Berdasrakan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengguna lulusan jurusan Manajemen Pendidikan berada pada kategori cukup puas. Untuk itu disarankan kepada: (1) Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo agar meningkatkan kualitas pengajaran dibangku perkuliahan tertutama pada pembiasaan bahasa asing, sehingga bisa menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing, (2) Kepada lulusan/alumni jurusan Manajemen Pendidikan diharapkan dapat memperkuat kompetensi tambahan terutama bahasa asing agar bisa meningkatkan profesionalisme kerja ditengah masyarakat, (3) Peneliti lainnya diharapkan dapat memperdalam kembali penelitian ini khususnya pada aspek- aspek yang belum dikaji oleh peneliti.
Kata Kunci: kepuasan, pengguna lulusan, integritas, profesionalisme, komunikasi, kerjasama tim
Download berkas