SKRIPSI

Penulis / NIM
AFRIYANTO LUAWO / 131418070
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
Afriyanto Luawo. 2022. SKRIPSI ƒƒ‚‚ƒ..."Strategi Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Unggulan (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Marisa)ƒƒ‚‚ƒ‚, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Novianty Djafri, M.Pd.I. Pembimbing II Dr. Arifin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi kepala sekolah mewujudkan visi dan misi sekolah untuk mewujudkan sekolah unggul; (2) strategi kepala sekolah menerapkan kepemimpinan yang profesional untuk mewujudkan sekolah unggul; (3) strategi kepala sekolah menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk mewujudkan sekolah unggul; (4) strategi kepala sekolah membangun kemitraan dengan masyarakat untuk mewujudkan sekolah unggul. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1) strategi kepala sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah meliputi perumusan visi dan misi, yang terlibat dalam perumusan visi dan misi sekolah adalah seluruh civitas SMA Negeri 1 Marisa, dan komite sekolah. Kemudian perwujudan visi dan misi sekolah terlaksana melalui tahapan; penetapan visi dan misi, sosialisasi visi dan misi, implementasi visi dan misi serta evaluasi visi dan misi; (2) strategi kepala sekolah dalam menerapkan kepemimpinan yang profesional meliputi sikap suri teladan seperti disiplin waktu, disiplin dalam bekerja, disiplin dalam berpakaian dan bertutur kata yang sopan. Problem solver seperti memecahkan permasalahan di sekolah bersama warga sekolah. Tanpa pamrih seperti membantu guru yang mempunyai kepentingan tanpa mengharapkan imbalan. Menjadi pendengar yang baik seperti selalu menerima kritik maupun saran dari warga sekolah. Mudah beradaptasi seperti selalu mengedepankan silaturahim dan menciptakan iklim kerja yang baik. Motivasi dan visioner seperti pemberian reward atau hadiah dan mengedepankan semangat membangun untuk masa depan.; (3) strategi kepala sekolah menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif meliputi lingkungan fisik sekolah seperti pelaksanaan pemeliharaan sarana prasarana sekolah dan penataan lingkungan sekitar sekolah. Selanjutnya lingkungan sosial sekolah seperti pembinaan terhadap tenaga pendidik dan warga sekolah lainnya pada setiap pelakasnaan apel pagi. Lingkungan akademis sekolah seperti pelaksanaan literasi dan pengembangan media teknologi dengan memberdayakan secara aktif semua warga sekolah; (4) Strategi kepala sekolah membangun kemitraan sekolah dengan masyarakat meliputi pelaksanaan koordinasi dan komunikasi seperti pada pelaksanaan rapat mengenai program kerja sekolah dan pelayanan administrasi, sekolah secara aktif melakukan komunikasi ekternal dan internal yang baik. Kemudian pelaksanaan program di sekolah seperti kunjungan guru ke rumah peserta didik, kunjungan orang tua ke sekolah, dan kerja sama instansi pemerintah terhadap program kegiatan di sekolah yakni untuk menambah pengetahuan kepada peserta didik melalui kegiatan sosialisasi, pendidikan serta kepelatihan. Kata Kunci: sekolah unggul, strategi kepala sekolah, visi dan misi, kepemimpinan profesional, lingkungan sekolah, kemitraan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011