SKRIPSI

Penulis / NIM
ATIKA R. MOHUNE / 131418080
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK Atika R. Mohune. 2022. SKRIPSI. ¢"Pengelolaan Program Merdeka Belajar di SMA N 3 Gorontalo¢. Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arifin, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini mengkaji tentang program merdeka belajar. Penelitian bertujuan untuk: (1) perencanaan program merdeka belajar; (2) implementasi program merdeka belajar; dan (3) hasil program merdeka belajar. Metode penelitian adalah kualitatif. Teknik penguumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan dalam pengelolaan program merdeka belajar yang diterapkan di SMA Negeri 3 Gorontalo bahwa kebijakan dalam program merdeka belajar seperti penyederhanaan RPP dapat mempermudah guru dan kepala sekolah yang nantinya akan menjadi penggerak dan juga agen perubahan di masa depan yang akan memberikan dampak besar bagi institusi pendidikan guna melahirkan generasi penerus yang unggul; (2) Implementasi dari pengelolaan program merdeka belajar mempermudah guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran karena adanya penyederhanaan pembelajaran sehingga dengan kurikulum merdeka belajar sekolah, guru dan peserta didik khususnya guru lebih leluasa dalam melaksanakan proses pembelajaran didukung oleh beban administrasi yang telah dibuat sederhana sehingga dalam menjalankannya guru akan lebih merasa nyaman; dan (3) hasil program merdeka belajar di SMA Negeri 3 Gorontalo menerapkan program intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar pancasila. projek penguatan profil pelajar pancasila mengambil beberapa dimensi yakni tolobalango yang artinya lamaran, dimana peserta didik dikenalkan bagaimana adat lamaran daerah gorontalo, dan mengkampanyekan anti perundungan. Untuk itu disarankan: (1) bagi Kepala Sekolah diharapkan agar dapat meningkatkan fasilitas yang menunjang program merdeka belajar; (2) bagi pendidik diharapkan agar lebih kreatif dan inovatif dalam pengembangan program merdeka belajar; (3) bagi peneliti lainnya diharapkan dapat memperdalam kembali penelitian ini terutama pada aspek aspek yang kiranya belum dikaji oleh peneliti. Kata Kunci: program merdeka belajar, perencanaan, implementasi, dampak
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011