SKRIPSI

Penulis / NIM
AMSAR BUHANG / 151407006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak

ABSTRAK

 

Amsar Buhang. NIM. 151407006. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pemerintahan Desa Melalui Metode Bermain Peran di Kelas IV SDN 1 Dengi Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, M.A

 

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah “Apakah dengan menggunakan metode bermain peran hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan desa di kelas IV SDN 1 Dengi Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat meningkat?�. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu “untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan desa melalui metode bermain peran di kelas IV SDN 1 Dengi Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara�.

 

Karakteristik Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN I Dengi Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Semester I dengan jumlah siswa 15 orang, yang terdiri dari siswa laki-laki 6 orang dan siswa perempuan 9 orang. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan tiga variabel yaitu: Variabel Input, Variabel Proses dan Variabel Output. Dan Untuk mencari data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data antara lain: Observasi, Wawancara, Tes Unjuk Kerja dan Dokumentasi.

 

Hasil penelitian ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu: pada Siklus I siswa yang memperoleh nilai 70 ke bawah masih 5 orang atau 33.33% dari 15 siswa. Hal ini dipengaruhi oleh penerapan metode pembelajaran pada proses pembelajaran yang kurang tepat serta pemanfaatan media yang kurang menarik perhatian siswa. Mencermati hasil yang dicapai pada siklus I, maka antara guru mitra dan peneliti memutuskan untuk melanjutkan tindakan ke siklus berikutnya untuk memperbaiki kesalahan yang ditemui pada siklus I. dan hasil yang ditunjukkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai 70 ke bawah hanya 1 orang saja atau 6.67%. Sedangkan yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 14 orang atau 93.33% siswa.

 

 

Kesimpuan dari hasil penelitian ini dengan menggunakan metode bermain peran hasil belajar siswa pada materi system pemerintahan desa meningkat dengan baik.

 

 

 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Bermain Peran

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011