Penulis / NIM
NURHAYATI ABAS / 151407068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Nurhayati Abas 2014, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN No. 18 Dungingi Kota Gorontalo". Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA tentang materi perubahan wujud benda karena rendahnya hasil belajar pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda memotivasi guru untuk berupaya meningkatkan melalui berbagai kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode belajar yang sesuai. Dari pengamatan yang dilaksanakan terlihat bahwa 72,7 % siswa menunjukkan hasil belajar yang rendah terutama dalam kegiatan pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Berdasarkan hal itu, maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN No. 18 Dungingi Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 20 orang, atas kerja sama yang baik bersama kepala sekolah dan guru di sekolah itu. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang materi perubahan wujud benda. Hal ini dapat tergambar pada hasil siklus I dengan rincian pada observasi awal 27,3% ( 6 Orang), pada siklus I 50% (10 Orang), siklus II 80% (16 Orang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perubahan wujud benda di kelas IV SDN N0. 18 Dungingi Kota Gorontalo dengan menggunakan metode demonstrasi.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Demonstrasi
Download berkas